Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 06 Januari 2012

RPP MTK berkarakter Kelas 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Sekolah                               :   MIS. MATHLA’UL ANWAR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

A.    Standar  Kompetensi      :
     
1.   Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar

1.1  Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

C.    Tujuan Pembelajaran**

§  Siswa dapat Mengetahui jenis operasi hitung dengan penanaman nilai  disiplin ( Discipline ) (NK, disiplin ( Discipline )
§  Siswa dapat Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
§  Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
§  Siswa dapat Melakukan perkalian dengan satu
§  Siswa dapat Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
§  Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
§  Siswa dapat Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan  secara tekun ( diligence ) ( NK. tekun ( diligence )

v  Karakter siswa yang diharapkan :  
§  Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi.

& Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri, , Berorientasi tugas dan hasil , Keorisinilan


D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan

 

Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat 
  
d. Menjumlahkan bilangan bulat negatif dengan bilangan positif.
Contoh
-6 + 8 = 2, digambarkan pada garis bilangan.

Perkalian Bilangan Bulat

Perkalian adalah penjumlahan berulang sebanyak bilangan yang dikalikan.
Contoh:
2 x 3 - 3 + 3 = 6

Perhatikan gambar di bawah ini, ya!
 
Sifat-sifat perkalian suatu bilangan
a. Perkalian bilangan positif dengan bilangan positif, hasilnya positif.
Contoh:
1) 4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
2) 7 x 8 = 56
3) 12 x 15 = 180
b Perkalian bilangan positif dengan bilangan negatif, hasilnya negatif.
   Contoh:
    1) 4 x (-5) = (-5) + (-5) +(-5) +(-5) = -20
    2) 7 x (-8) = -56
    3) 12 x (-15) = -180
c. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan positif, hasilnya negatif.
    Contoh:
    1) -4 x 5 = -(5 + 5 + 5 + 5) = -20.
    2) -7 x 8 = -56
    3) -12x 15 = -180
d. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan negatif, hasilnya positif.
   
Contoh:
    1) -4 x (-5) = -[-5 + (-5) + (-5) + (-5)] = -[-20] = 20
    2) -7 x (-8) = 56
    3) -12 x (-15) = 180
    Kesimpulan:
 
tabel perkalian

Pembagian bilangan bulat

Pembagian merupakan operasi kebalikan dari perkalian
Contoh
12 : 4 = 3, karena 4 x 3 = 12 atau 3 x 4 = 12
42 : 7 = 6, karena 7 x 6 = 42 atau 6 x 7 = 42

Sifat-sifat pembagian bilangan bulat
a. Pembagian bilangan positif dengan bilangan positif, hasilnya positif
    Contoh
    1) 63 : 7 = 9
    2) 143 : 11 = 13
b. Pembagian bilangan positif dengan bilangan negatif, hasilnya negatif
    Contoh:
    1) 63 : (-9) = -7
    2) 72 : (-6) = -12
c. Pembagian bilangan negatif dengan bilangan positif, hasilnya negatif
    Contoh:
    1) -63 : 7 = -9
    2) -120 : 10 = -12

d. Pembagian bilangan negatif dengan bilangan negatif, hasilnya positif.
    Contoh:
    1) -72 : (-8) = 9
    2) -120 : (-12) = 10

Menggunakan Sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat

Sifat komutatif

Sifat komutatif (pertukaran) pada penjumlahan dan perkalian.
a + b = b + a
a x b = b x a, berlaku untuk semua bilangan bulat

Contoh:
1) 2 + 4 = 4 + 2 = 6
2) 3 + 5 = 5 + 3 = 8
3) 4 x 2 = 2 x 4 = 8
4) 3 x 2 = 2 x 3 = 6

Sifat asosiatif

Sifat asosiatif (pengelompokan) pada penjumlahan dan perkalian.
(a + b) + c = a + (b+c)
(a x b) x c = a x (bxc), berlaku untuk semua bilangan bulat
Contoh:
1) (2+4) + 6 = 2 + (4+6) = 12
2) (3+6) + 7 = 3 + (6+7) = 16
3) (3x2) x 4 = 3 x (2x4) = 24
4) (3x5) x 2 = 3 x (5x2) = 30

Sifat distributif (penyebaran)

a x (b + c) = (a x b) + (a x c), yang berlaku untuk semua bilangan bulat.
Contoh
1) 4 x (5 + 2) = (4 x 5) + (4 x 2) = 28
2) 5 x (7 + 3) = (5 x 7) + (5 x 3) = 50


A.    Metode Pembelajaran
Games, Tanya Jawab, dan Latihan



B.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
§  Kegiatan Inti  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran  sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung secara disiplin.
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok secara bertanggungjawab; ( NK, bertanggungjawab
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.

Pertemuan ke-2
§  Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali materi sebelumnya.
-      Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan:
v  penjumlahan dan perkalian dengan nol
v perkalian dengan satu
v perkalian dua angka dengan angka sebelas
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke-3
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mendengarkan ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan, diskusi, tanya jawab dan  latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke-4
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

C.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
§  Buku lain yang relevan
§  Kegiatan keseharian yang relevan

D.    Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
o  Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
o  Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
o  Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
o  Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
o  Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran secara disiplin ( NK. Disiplin )
o  Menentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o  Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1

Tugas Individu
dan Kelompok



Laporan buku pekerjaan rumah





o  Sebutkanlah operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o  Tentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o  Tentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        Ciseeng,    Juli 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                  Guru Mapel Matematika



       ABDUROHMAN, S. Pd.I                                     SUHERMAN, S. Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Translate


Herman Kahlil Gibran