RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIS. MATHLA’UL ANWAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu : 6 x 35 menit (4 X pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
C. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mengetahui jenis operasi hitung dengan penanaman nilai disiplin ( Discipline ) (NK, disiplin ( Discipline )
§ Siswa dapat Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
§ Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
§ Siswa dapat Melakukan perkalian dengan satu
§ Siswa dapat Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
§ Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
§ Siswa dapat Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan secara tekun ( diligence ) ( NK. tekun ( diligence )
v Karakter siswa yang diharapkan :
§ Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi.
& Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, , Berorientasi tugas dan hasil , Keorisinilan
D. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan
Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
d. Menjumlahkan bilangan bulat negatif dengan bilangan positif.
Contoh
-6 + 8 = 2, digambarkan pada garis bilangan.
Contoh
-6 + 8 = 2, digambarkan pada garis bilangan.
Perkalian Bilangan Bulat
Perkalian adalah penjumlahan berulang sebanyak bilangan yang dikalikan.Contoh:
2 x 3 - 3 + 3 = 6
Perhatikan gambar di bawah ini, ya!
Sifat-sifat perkalian suatu bilangan
a. Perkalian bilangan positif dengan bilangan positif, hasilnya positif.
Contoh:
1) 4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
2) 7 x 8 = 56
3) 12 x 15 = 180
b Perkalian bilangan positif dengan bilangan negatif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) 4 x (-5) = (-5) + (-5) +(-5) +(-5) = -20
2) 7 x (-8) = -56
3) 12 x (-15) = -180
c. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan positif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) -4 x 5 = -(5 + 5 + 5 + 5) = -20.
2) -7 x 8 = -56
3) -12x 15 = -180
d. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan negatif, hasilnya positif.
Contoh:
1) -4 x (-5) = -[-5 + (-5) + (-5) + (-5)] = -[-20] = 20
2) -7 x (-8) = 56
3) -12 x (-15) = 180
Kesimpulan:
Contoh:
1) 4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
2) 7 x 8 = 56
3) 12 x 15 = 180
b Perkalian bilangan positif dengan bilangan negatif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) 4 x (-5) = (-5) + (-5) +(-5) +(-5) = -20
2) 7 x (-8) = -56
3) 12 x (-15) = -180
c. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan positif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) -4 x 5 = -(5 + 5 + 5 + 5) = -20.
2) -7 x 8 = -56
3) -12x 15 = -180
d. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan negatif, hasilnya positif.
Contoh:
1) -4 x (-5) = -[-5 + (-5) + (-5) + (-5)] = -[-20] = 20
2) -7 x (-8) = 56
3) -12 x (-15) = 180
Kesimpulan:
tabel perkalian
Pembagian bilangan bulat
Pembagian merupakan operasi kebalikan dari perkalian
Contoh
12 : 4 = 3, karena 4 x 3 = 12 atau 3 x 4 = 12
42 : 7 = 6, karena 7 x 6 = 42 atau 6 x 7 = 42
Contoh
12 : 4 = 3, karena 4 x 3 = 12 atau 3 x 4 = 12
42 : 7 = 6, karena 7 x 6 = 42 atau 6 x 7 = 42
Sifat-sifat pembagian bilangan bulat
a. Pembagian bilangan positif dengan bilangan positif, hasilnya positif
Contoh
1) 63 : 7 = 9
2) 143 : 11 = 13
b. Pembagian bilangan positif dengan bilangan negatif, hasilnya negatif
Contoh:
1) 63 : (-9) = -7
2) 72 : (-6) = -12
c. Pembagian bilangan negatif dengan bilangan positif, hasilnya negatif
Contoh:
1) -63 : 7 = -9
2) -120 : 10 = -12
d. Pembagian bilangan negatif dengan bilangan negatif, hasilnya positif.
Contoh:
1) -72 : (-8) = 9
2) -120 : (-12) = 10
Menggunakan Sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat
Sifat komutatif
Sifat komutatif (pertukaran) pada penjumlahan dan perkalian.a + b = b + a
a x b = b x a, berlaku untuk semua bilangan bulat
Contoh:
1) 2 + 4 = 4 + 2 = 6
2) 3 + 5 = 5 + 3 = 8
3) 4 x 2 = 2 x 4 = 8
4) 3 x 2 = 2 x 3 = 6
Sifat asosiatif
Sifat asosiatif (pengelompokan) pada penjumlahan dan perkalian.(a + b) + c = a + (b+c)
(a x b) x c = a x (bxc), berlaku untuk semua bilangan bulat
Contoh:
1) (2+4) + 6 = 2 + (4+6) = 12
2) (3+6) + 7 = 3 + (6+7) = 16
3) (3x2) x 4 = 3 x (2x4) = 24
4) (3x5) x 2 = 3 x (5x2) = 30
Sifat distributif (penyebaran)
a x (b + c) = (a x b) + (a x c), yang berlaku untuk semua bilangan bulat.Contoh
1) 4 x (5 + 2) = (4 x 5) + (4 x 2) = 28
2) 5 x (7 + 3) = (5 x 7) + (5 x 3) = 50
A. Metode Pembelajaran
Games, Tanya Jawab, dan Latihan
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
§ Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung secara disiplin.
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok secara bertanggungjawab; ( NK, bertanggungjawab
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.
Pertemuan ke-2
§ Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
- Mengingatkan kembali materi sebelumnya.
- Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan:
v penjumlahan dan perkalian dengan nol
v perkalian dengan satu
v perkalian dua angka dengan angka sebelas
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke-3
§ Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Mendengarkan ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan, diskusi, tanya jawab dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke-4
§ Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
C. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
§ Buku lain yang relevan
§ Kegiatan keseharian yang relevan
D. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
o Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. o Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. o Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. o Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. o Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan o Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. o Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. o Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. | o Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran secara disiplin ( NK. Disiplin ) o Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1 o Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1 | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | o Sebutkanlah operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran o Tentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1 o Tentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1 |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Ciseeng, Juli 2011
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mapel Matematika
ABDUROHMAN, S. Pd.I SUHERMAN, S. Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar